ADVERTISER

5 Game iOS & Android yang Dapat Mengasah Insting Bisnis Kamu

Diposting oleh Unknown

Share on :


5 Game iOS & Android yang Dapat Mengasah Insting Bisnis Kamu, Belajar menjadi orang kaya raya dengan cara berbisnis melalui game? Bisa ya? Kalau melihat list yang saya berikan nanti, kamu pasti akan langsung menjawab ya, tentu bisa! Sungguh sulit untuk mencari list game yang dapat melatih insting bisnis kita. Kebanyakan game berbau bisnis yang saya temui kebanyakan hanyalah game simulasi yang terlalu dominan unsur fiksinya dan kurang memiliki kekuatan dasar ilmu bisnis yang bisa dipraktekkan ke dalam dunia nyata.

Ilmu bisnis sangat penting dalam dunia profesional. Ilmu bisnis adalah piramida tertinggi mengenai bagaimana sebuah perusahaan dapat terus melangkah maju dan bisa menjadi perusahaan yang disegani dan yang tidak kalah penting, ilmu bisnis sangat besar peluangnya untuk membuat kamu menjadi kaya raya. Siapa yang tidak ingin menjadi kaya raya?

Nah, melalui game di bawah ini kamu bisa bermain sambil belajar berbisnis, peribahasanya sambil menyelam minum air. Ilmu yang kamu dapat tentu harus kamu tafsirkan sendiri dan tidak sedalam ilmu pada pendidikan bisnis formal, tetapi paling tidak kamu akan mendapatkan beberapa ilmu dasar yang dapat mengasah insting bisnis kamu. Jadi pada akhirnya kamu akan mendapat kesenangan dan ilmu secara bersamaan, sungguh indah sekali bukan dunia game?

1. TradeHero

Game Mengasah Insting Bisnis | Screenshot 1 (TradeHero)

Kamu sudah belajar ilmu bisnis bursa saham melalui buku namun kamu masih ragu-ragu untuk segera mempraktekannya? Jangan takut lagi sebab TradeHero akan menjadi juru selamat kamu! Selain karena harga aplikasinya yang gratis, kamu juga akan menghadapi situasi permainan saham yang aturannya sama persis seperti di dunia nyata.

Yang menarik adalah nama-nama perusahaan yang kamu temui adalah perusahaan yang asli dan pastinya tidak asing lagi di telinga kamu, seperti Apple, Coca-Cola, Sony, Nike, dll. Kerennya lagi, naik turunnya harga saham yang tertera di game disesuaikan dengan harga saham perusahaan di dunia nyata!

Game ini tidak terdapat di Google Play namun hanya terdapat di Apple App Store saja. Namun bagi kamu pengguna Android kamu tidak perlu berkecil hati, pasalnya TradeHero rencananya akan dibuat versi Androidnya juga.

Apple App Store Link: TradeHero, Free

2. Monopoly

Game Mengasah Insting Bisnis | Screenshot 2 (Monopoly)

Kita akan kembali sejenak ke masa lampau. Sejak zaman dahulu, Monopoly sudah dianggap sebagai permainan yang dapat mengasah insting berbisnis kita. Kamu tahu George Soros? Beliau adalah ahli tukar menukar valuta asing yang sangat kaya raya, pada masa kecilnya beliau sering bermain Monopoly dan sangat ahli dalam memainkannya.

Di Monopoly, kamu akan belajar bagaimana caranya bernegosiasi dengan lawan main kamu, mengatur keuangan perusahaan kamu supaya tidak collapse, memanfaatkan momentum keberuntungan kamu, dan mengakali lawan bisnis kamu. Asiknya lagi, hal-hal barusan dikemas secara fun. Tren bermain Monopoly terus ada hingga zaman millenium ini. Aturan bermain versi mobile-nya ini 100% sama dan tersedia dalam berbagai tema layaknya Monopoly dalam versi fisik (karton, board game). Sayangnya, untuk setiap tema kamu harus membayar sejumlah uang dan setiap tema tidak terdapat dalam satu aplikasi yang sama sehingga terkesan boros memory penyimpanan.

Game Mengasah Insting Bisnis | Screenshot 3 (Monopoly)

Nilai plus dari versi mobile ini adalah kamu tidak perlu repot-repot merapikan kembali perlengkapan permainan Monopoly kamu apabila kamu telah usai bermain dan tidak perlu takut jika salah satu komponen permainannya ada yang ‘nyelip’ lalu hilang entah ke mana (pengalaman pribadi). Untuk lebih belajar sisi bisnisnya, saya sarankan bermain Monopoly secara multiplayer. Bernegosiasi dengan sesama manusia tentu lebih memberikan pengalaman daripada bernegosiasi dengan komputer, kan?

Perlu diingat bahwa multiplayer di sini hanya bersifat lokal, jadi kamu tidak bisa bermain melawan player lain di penjuru dunia namun hanya sebatas player di jaringan local wi-fi kamu. Terakhir, pelajaran penting lainnya mengenai Monopoly adalah pajak dan penjara merupakan musuh gentayangan bagi para pebisnis.

Apple App Store Link: Monopoly, Rp. 9.500 | Monopoly for iPad, Rp. 69.000 | Monopoly Here & Now: World Edition, Rp. 9.500 | Monopoly Here & Now: World Edition for iPad, Rp. 89.000 | Monopoly Millionaire, Gratis sementara | Monopoly Millionaire for iPad, Free (Limited Time Only)

Google Play Link: Monopoly, $1.99 | Monopoly Millionaire, $1.21

3. Cooking Academy – Restaurant Royale

Game Mengasah Insting Bisnis | Screenshot 4 (Cooking Academy - RR)

Cooking Academy – Restaurant Royale sebenarnya juga pernah muncul di artikel feature 10 games memasak Games in Asia. Kali ini Cooking Academy – Restaurant Royale akan lebih kita bahas sisi bisnisnya. Mengapa game ini mengajarkan kamu berbisnis dengan benar? Karena game ini menekankan tentang bagaimana kamu bisa membuat sebuah restoran dengan suasana yang nyaman, makanan yang lezat, dan tentu saja mendapatkan untung dari masakan-masakan yang sudah kamu buat. Kalau poin-poin di atas tadi tidak kamu perhitungkan tentu bisa-bisa kamu gagal dalam berbisnis, bukan?

Apple App Store Link: Cooking Academy – Restaurant Royale, Free

4. Air Tycoon Online

Game Mengasah Insting Bisnis | Screenshot 5 (Air Tycoon Online)

Dari judul rasanya sudah jelas bahwa game ini adalah game simulasi manajemen maskapai penerbangan. Serunya di game ini adalah kamu bisa membuka usaha maskapai bandara di seluruh dunia termasuk Indonesia. Saya sendiri sedang membuka maskapai penerbangan yang melayani penerbangan di Jakarta dengan rute tujuan utama Bali.

Mekanisme gameplay yang diberikan sangat baik menurut saya, kamu akan menemui dasar-dasar mengenai apa saja yang dibutuhkan untuk membuka sebuah maskapai penerbangan, tiket yang bisa kamu jual, menentukan rute paling menguntungkan yang bisa ditempuh, dan diberi ilmu teknis mengenai teknologi pesawat dari ujung ekor hingga kepala pesawat. Semoga pembukaan maskapai saya tadi bisa menjadi kenyataan :P.

Apple App Store Link: Air Tycoon Online, Free

Google Play Link: Air Tycoon Online, Free

5. M&A Game

Game Mengasah Insting Bisnis | Screenshot 6 (M&A Game)

Sedari awal permainan, dalam hati saya berkata ‘wow sangat interaktif sekali game ini’ karena ketika proses registrasi ID pun kamu sudah dibawa dalam suasana wawancara oleh seorang atasan. Kamu akan berperan sebagai CEO yang akan mengurus sebuah perusahaan. Jenis perusahaan yang bisa kamu pilih berkaitan dengan usaha-usaha dengan omzet super besar di muka bumi ini. Sungguh bukan main. Contohnya perusahaan minyak dan gas, real estate, institusi finasial, teknologi media, dst.

Game Mengasah Insting Bisnis | Screenshot 7 (M&A Game)

Terdapat juga fitur koneksi ke akun Linkedin kamu juga, sehingga menambah kesan real bahwa game ini memang benar-benar bisa membuat kamu belajar berbisnis. Kamu juga akan dilatih bagaimana cara bernegosiasi yang baik dan benar dalam dunia bisnis, proses negosiasi di dalam game ini sendiri dibuat dengan sangat baik (mainkan sendiri dan kamu pasti setuju dengan apa yang saya maksud). Pelajaran berikutnnya dari M&A Game adalah bagaimana kamu bisa membeli perusahaan semurah-murahnya kemudian menjual perusahaan tersebut dengan harga setinggi-tingginya di kemudian hari.


susan merah -
SERIAWAN Updated at : 10.59.00

{ 0 komentar... or add one}


Posting Komentar