ADVERTISER

Hindari Makan Malam Sebelum Tidur

Diposting oleh Unknown

Share on :


Hindari Makan Malam Sebelum Tidur, Mengapa kita dilarang makan makanan berat sebelum tisur? mengapa harus ada jeda antara sehabis makan degan waktu akan tidur? semua terjawab disini buat kalian yang sangat memelihara kesehatan.
Kebiasaan Makan Sebelum Tidur
Akan terjadi hal sebaliknya jika Anda tidur dengan lambung terisi makanan. Jika Anda tidur dalam kondisi ini, maka hormon pertumbuhan tidak keluar sehingga tidak ada proses pemecahan lemak. Sebaliknya, makanan yang ada akan tertimbun menjadi lemak. Hasilnya, akan membuat tubuh menjadi gemuk. Proses ini disebut sebagai anabolisme.
Katabolisme dan Anabolisme
Secara singkat, proses katabolisme dan anabolisme dapat digambarkan seperti berikut:
Tidur dengan lambung kosong » Hormon pertumbuhan dikeluarkan » Katabolisme » Pemecahan Lemak » Langsing
Tidur dengan lambung terisi makanan » Hormon pertumbuhan tidak keluar » Anabolisme » Lemak bertambah » Gemuk
Agar dapat memperoleh penurunan berat badan yang maksimal, maka jangan lupa berolahraga pada esok harinya agar lemak yang telah terpecah akan dikeluarkan dari tubuh dalam bentuk energi. Olahraga yang cocok adalah olahraga aerobik seperti jalan atau lari pagi.
Apabila proses anabolisme yang terjadi (tidur dengan perut terisi makanan), maka hasilnya tidak akan maksimal walau Anda melakukan olahraga pada keesokan harinya karena tubuh harus mulai dari proses penguraian lemak. Sedangkan pada proses katabolisme, proses penguraian lemak sudah terjadi. Hasilnya, lemak yang dihancurkan tidak sebanyak jika ada proses katabolisme pada malam harinya.
Tidak makan 4 jam sebelum tidur bukanlah hal mudah yang dapat dilakukan, khususnya untuk daerah perkotaan. Jalanan macet, lembur atau waktu bergaul dengan teman dapat membuat Anda pulang ke rumah lebih malam dengan tubuh yang sudah lelah dan harus bangun pagi esok hari. Hal biasa yang dilakukan adalah mengisi perut dan tidur untuk mengatasi rasa kantuk.
Mengingat dibutuhkan waktu 4 jam agar perut kosong sebelum tidur, Anda mungkin dapat mencoba untuk makan sebelum pulang ke rumah. Makanan akan lebih baik jika Anda membuatnya sendiri sehingga terjaga gisi dan kualitasnya walau akan sedikit merepotkan.
Jus dan Buah
Cara lain adalah dengan mengkonsumsi jus atau makan buah pada malam hari. Proses yang diperlukan untuk mencerna jus tidak selama apabila Anda makan makanan lainnya yang mengandung karbohidrat atau makanan yang mengandung lemak. Jika makan malam dengan menu biasa memerlukan waktu 4 jam sampai perut kosong, maka pada pencernaan jus atau buah hanya diperlukan 2 jam sampai perut kosong. Sehingga Anda dapat tidur lebih cepat.



susan merah -
SERIAWAN Updated at : 21.43.00

{ 0 komentar... or add one}


Posting Komentar