ADVERTISER

Inilah Kesalahan-kesalahan Seputar Mandi Junub yang Sering Dilakukan

Diposting oleh Unknown

Share on :

 
Seriawan: Semoga artikel ini bermanfaat buat kita semua dan artikel ini bersumber dari website muslimah yang tenar itu tu... yang jelas inti dan maskud dari artikel ini tidak merubah dari yang aslinya, ok kita lanjut ya kalau Mandi junub atau mandi wajib atau mandi besar adalah mandi yang diwajibkan bagi umat islam apabila sedang dalam keadaan berhadas besar.

Seriawan: Tujuannya adalah untuk menyucikan diri agar dapat melakukan ibadah wajib seperti shalat. Mandi junub wajib hukumnya laki-laki maupun perempuan muslim yang telah dewasa atau telah memasuki masa baligh. Terkadang ummat islam sering melakukan kesalahan atau salah paham terhadap mandi junub/janabah ini. Melalui artikel ini admin ingin meluruskan kembali kesalahpahaman tersebut, agar kedepannya dalam melakukan mandi janabah dalam rangka mensucikan diri kita, bisa sesuai dengan syariat islam dan tuntunan Rasulullah Shallau'alaiwasallam.

1. Suami istri tidak mandi kecuali setelah mengeluarkan air mani (orgasme)

Seriawan: Kesalahan semacam ini telah menyebar di kalangan kaum muslimin. Sebagian mereka apabila menggauli istrinya tidak mandi dan tidak menyuruh istrinya mandi kecuali jika keduanya mencapai orgasme.

Seriawan: Hal semacam ini memang pernah terjadi pada permulaan datangnya Islam sebagaimana Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam:


إِنَّمَا الْمَاءُ مِنَ الْمَاءِ

“Sesungguhnya air itu dari air“.

Akan tetapi, hadits itu di-mansukh (dihapus) dengan sabda Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam:

“Apabila dua khitan (kemaluan laki-laki dan perempuan) telah bertemu dan kepala zakar telah masuk, maka hal itu sudah wajib mandi, baik keluar mani (orgasme) maupun tidak”.

Seriawan: Oleh karena itu, barangsiapa yang mendatangi istrinya dan belum orgasme, lalu ia tidak mandi junub dan langsung mengerjakan shalat, maka shaltnya batal. Sebab, dia masih dalam keadaan junub.

2. Menunda mandi junub dan mandi setelah haid hingga matahari terbit
Seriawan: Sebagian wanita apabila dalam keadaan junub (setelah bersetubuh dengan suaminya) atau ketika suci dari haid pada malam hari, dia menunda mandi hingga matahari terbit. Setelah itu, dia baru mandi dan melaksanakan shalat Shubuh. Hal ini hukumnya haram menurut ijma’. Sebab, dia wajib segera mandi dan mengerjakan shalat pada waktunya. Allah berfirman:

فَإِذَا قَضَيْتُمُ الصَّلَاةَ فَاذْكُرُوا اللَّهَ قِيَامًا وَقُعُودًا وَعَلَىٰ جُنُوبِكُمْ ۚ فَإِذَا اطْمَأْنَنتُمْ فَأَقِيمُوا الصَّلَاةَ ۚ إِنَّ الصَّلَاةَ كَانَتْ عَلَى الْمُؤْمِنِينَ كِتَابًا مَّوْقُوتًا

“Maka apabila kamu telah menyelesaikan shalat(mu), ingatlah Allah pada saat berdiri, duduk, dan berbaring. Kemudian apabila kamu telah merasa aman, maka dirikanlah shalat itu (sebagaimana biasa). Sesungguhnya shalat itu adalah kewajiabn yang ditentukan waktunya atas orang-orang yang beriman“. (An-Nisa’ [4]: 103).

Seriawan: Sebab, menunda waktu shalat dengan sengaja hingga habis waktunya termasuk dosa besar. Jika suaminya mengetahui hal itu, maka dia juga terjerumus ke dalam dosa bersama istrinya (keadaan ini jika istrinya sudah mengerti hukumnya). Namun, jika istrinya tersebut belum mengerti hukumnya, maka dirinya tergolong orang yang udzur lantaran kebodohannya hingga dia mengerti.

3. Berkeyakinan bahwa dua mandi tidak boleh disatukan

Banyak kaum muslimin tidak mengetahui bahwa jika waktu hari raya itu datangnya bersamaan dengan hari jumat, maka dia cukup mandi satu kali seraya menggabungkan dua niat. Demikian pula dengan mandi junub dan mandi jumat. Hal ini berdasarkan sabda Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam:

وَإِنَّمَا لِكُلِّ امْرِئٍ مَا نَوَى

“Setiap orang akan mendapat sesuai yang dia niatkan“.

4. Meyakini bahwa mandi tidak dapat menggantikan wudhu
Aisyah radhiyallahu ‘anha berkata, “Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam tidak berwudhu setelah mandi.”

Seriawan: Abu Bakr bin Al-Arabi mengatakan, “Para ulama tidak berbeda pendapat bahwa wudhu sudah masuk dalam mandi dan niat bersuci dari janabat sudah mencakup niat untuk bersuci dari hadats serta menghilangkannya. Hal ini desebabkan penghalang-penghalang janabat lebih banyak daripada penghalang-penghalang hadats sehingga niat yang lebih sedikit masuk ke dalam niat yang lebih besar dan yang demikian itu sudah mencukupinya”.

 5. Menutup kepala ketika mandi

Seriawan: Sebagian orang jika hendak mandi meletakkan sesuatu di atas kepalanya lantaran khawatir bila rambutnya basah. Padahal, hal itu dapat mencegah masuknya air. Ini merupakan kesalahan besar. Sebab, dengan demikian bersucinya menjadi kurang sempurna lantaran dia menutup sesuatu yang semestinya wajib untuk dibasuh.

6. Tidak menutupi aurat dari pandangan manusia ketika mandi

Seriawan: Sesungguhnya malu itu sebagian dari iman. Akan tetapi, pada kenyataanya masih kita dapati sebagian kaum muslimin yang melepas pakaian malunya. Mereka berdiri di tempat-tempat umum, seperti tepi sungai atau laut untuk mandi jumat atau mandi janabat di depan orang-orang tanpa merasa malu.

Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam mengabarkan bahwa di antara sebab-sebab adzab kubur adalah tidak menutup (aurat) ketika kencing. Lantas, bagaimana jika tidak meutupnya ketika mandi?!!

7. Tidak meratakan air ke seluruh tubuh

Seriawan: Hal ini khususnya terjadi pada orang gemuk. Terkadang, ada bagian-bagian dari tubuhnya, khususnya dada dan lemak pada peru, yang saat air melewatinya, air tidak bisa mengalir ke anggota badan yang berada di bawahnya. Dalam keadaan seperti ini, maka mandinya tidak sempurna.

***

Disalin ulang dari buku “400 Kesalahan Dalam Shalat” karya Mahmud Al-Mishri Abu Ammar, yang diterjemahkan oleh Fahrur Mu’is dan Nurul Lathifah, penerbit: Media Zikir

Baca juga artikel ini gan:
  1. Subhanallah, Inilah Para pemimpin dunia yang Hafiz 30 Juz
  2. Subhanallah, Inilah masjid tertua Indonesia ,lengkap sama FOTO nya
  3.  Inilah wanita muslim cantik terkaya di dunia
  4. Inilah yang Dialami Mayat Dalam Kubur Sampai Dibangkitkan
  5. Isi dalam ka'bah apa ya ? ini foto dan videonya
  6. 5 Cara Untuk Mendapatkan Kesehatan Sekarang
  7. 7 Manfaat Dan Efek Samping Dari Minuman Berenergi
  8. Bagaimana Cara Menghilangkan Mata Panda atau Kantung Mata ?
  9. Beginilah Tips Ampuh Menghilangkan Lemak Tubuh
  10. Benarkah Gigi Berlubang Bisa Menyebabkan Kematian?
  11. Cara Mencegah Rambut Rontok dan Kering Dengan Cara Alami


susan merah -
SERIAWAN Updated at : 07.30.00

{ 0 komentar... or add one}


Posting Komentar