ADVERTISER

Masya Allah, Inilah Kebaikan-kebaikan yang Akan Didapat Oleh Penghafal Al-Quran

Diposting oleh Unknown

Share on :

 
Seriawan: Allah Azza wa Jalla telah menurunkan al-Qur’ân sebagai petunjuk bagi manusia. Dengan al-Qur`ân Allah Azza wa Jalla membukakan hati yang tertutup, mata yang buta, dan telinga yang tuli. Keajaiban-keajaiban al-Qur’ân tidak pernah habis, tidak pernah usang walaupun sering diulang sepanjang siang dan malam. Allah azza wa Jalla akan menjaga kemurnian al-quran melalui para penghafal al-quran. berikut ini admin akan bahas sedikit mengenai keutaman luar biasa para penghafal Al-Qur'an yang dikutip dari situs www.dream.co.id, semoga bermanfaat...

Seriawan: Keutamaan luar biasa para penghafal Al-Qur’an, inilah yang terkadang menjadi alasan mengapa seseorang berniat dengan sungguh-sungguh untuk menghafalkan isi dari kitab suci yang diturunkan oleh Allah SWT kepada Nabi Muhammad SAW untuk seluruh umat manusia di dunia ini. Al-Qur’an sendiri membahas banyak hal mulai dari kehidupan bermasyarakat, hukum-hukum islam, kisah-kisah mengenai umat-umat yang ada sebelum diturunkannya Al-Qur’an, hingga sejarah mengenai pembuatan alam semesta yang terjadi selama beberapa hari saja. Ada berbagai kebaikan yang akan diterima penghafal al-Qur’an saat mereka hidup di dunia, yaitu:

1. Kepada penghafalnya, Al-Qur’an menjanjikan berkah, kebaikan, serta kenikmatan
Lewat sebuah hadits yang diriwayatkan oleh Bukhari dan Muslim, diketahui bahwa orang-orang yang mempelajari Al-Qur’an, apalagi yang mengajarkan ajarannya kepada orang lain maka akan dinilai sebagai umat yang terbaik.

2. Penghafal Al-Qur’an dinilai sebagai ciri orang berilmu
Seriawan: Keutamaan luar biasa para penghafal al-Qur’an tercatat pada Al-Qur’an tepatnya di surat al-Ankabut ayat 49, yaitu sebagai tanda dari orang-orang yang diberikan ilmu. Ayat tersebut menuliskan bahwa Al-Qur’an merupakan ayat yang nyata, dan hidup dalam hati orang-orang yang telah diberikan ilmu oleh Allah SWT.

3. Penghafal Al-Qur’an sudah dianggap sebagai keluarga dari Allah yang ada di muka bumi
Seriawan: Sebuah hadits riwayat Ahmad menerangkan mengenai keutamaan dari para penghafal al-Qur’an, dimana isi dari hadits itu adalah suatu ketika Rasulullah SAW berucap mengenai perihal Allah memiliki keluarga di antara para manusia. Sontak, hal ini membuat para sahabat kaget dan ingin tahu siapakah gerangan orang-orang itu. Rasulullah menjawab bahwa keluarga Allah di dunia adalah mereka yang menghafal Qur’an dan mengamalkannya.

4. Diberikan mahkota kemuliaan
Seriawan: Dari hadits yang diriwayatkan at-Tabrani, diceritakan bahwa mereka yang menghafalkan Al-Qur’an akan dipanggil oleh Allah, dan mereka akan diberikan sebuah mahkota penanda kemuliaan. 

5. Nikmat Rabbani dari Allah kepada penghafal Qur’an
Seriawan: Belum lagi, Allah SWT menghalalkan rasa iri yang muncul terhadap mereka yang menghafal al-Qur’an, seperti pada hadits riwayat Bukhari. Isi dari hadits itu kurang lebih mengenai bagaimana seseorang tidak boleh memiliki rasa iri kecuali terhadap kebaikan seseorang dan kepada penghafal Al-Qur’an.

Adapun yang Akan Diterima Oleh Para Penghafal Al-Qur’an Setelah Wafat, dan Tiba di Akhirat:
Ternyata keutamaan penghafal Al-Qur’an tidak berhenti hanya saat mereka hidup, tapi tentu saja akan berlanjut terus hingga masa dimana mereka dibangkitkan kembali oleh Allah SWT. Keutamaan yang akan mereka terima di akhirat antara lain adalah:

1.  Orang tua dari penghafal al-Qur’an akan dimuliakan
Al-Hakim pernah meriwayatkan sebuah hadits dimana isinya mengenai bagaimana orang-orang yang membaca Al-Qur’an dan mengamalkan isinya akan diberikan mahkota. Ternyata, kedua orang tua dari penghafal Al-Qur’an tersebut juga diberikan jubah kemuliaan. Jubah tersebut berfungsi sebagai tanda betapa mulianya mereka karena telah membesarkan anak yang berhasil mempelajari Al-Qur’an dan mengamalkannya. Sesungguhnya dengan memberikan orang tua mereka kemuliaan di mata Allah adalah keutamaan luar biasa bagi para penghafal Al-Qur’an.

2. Al-Qur’an akan menjadi syafaat bagi para penghafalnya
Seriawan: Keutamaan yang diterima penghafal Al-Qur’an di akhirat yang berikutnya ada dalam sebuah hadits yang diriwayatkan Muslim. Pada hadits tersebut diceritakan bahwa Rasulullah pernah menganjurkan sahabat untuk membaca Al-Qur’an, karena hal tersebut akan menjadi pemberi syafa’at untuk mereka saat hari kiamat tiba di dunia.

Semoga setelah membaca artikel ini kita sebagai ummat muslim semakin termovasi untuk lebih mempelajari dan menghafalkan al-quran, Mengajak anak, istri, dan saudara kita untuk lebih dekat dengan Al-Quran. Semoga dengan begitu Allah Azza wa Jalla akan selalu mmberi rahmat dan hidayahNya kepada kita. Aamin ya Robbal'alamin..





susan merah -
SERIAWAN Updated at : 06.04.00

{ 0 komentar... or add one}


Posting Komentar