ADVERTISER

Jokowi ke Singapura Tidak Disambut Bendera Indonesia, Kalau Era SBY Ada Benderanya,,KENAPA?

Diposting oleh Unknown

Share on :


Wah,,kok bisa gitu ya gan,,,ada apa ne gerangan,,,apakah kita di kucilkan sedemikian rupa?? tega banget kalau sampai terjadi seperti itu,,atau karena Presiden kita?? ah ga mungkin,,biar artikel ini tidak melenceng,,cuba kita telusuri dulu artikel berikut seperti yang dikutip dalam situsnya OKEZONE Kunjungan kenegaraan Presiden Joko Widodo (Jokowi) ke Singapura pada Selasa (28/7/2015) tidak disambut bendera Indonesia. Dalam foto yang merekam pertemuan Jokowi dengan Presiden Singapura Tony Tan Keng Yam, tampak kedua pemimpin negara duduk dengan latar dua bendera Singapura.

Menteri Luar Negeri (Menlu) RI Retno Marsudi yang turut mendampingi Jokowi lantas menyampaikan penjelasan yang diberikan protokoler kepresidenan Singapura kepada Indonesia. Berdasarkan keterangan yang diberikan pihak Singapura, bendera yang dipasang saat pertemuan memang tidak ditujukan untuk negara tamu, sebab bendera tersebut tidak berubah siapa pun tamunya.


Bila kepala pemerintahan suatu negara bertemu dengan presiden Singapura, yang menjabat sebagai kepala negara, maka bendera yang dipasang hanyalah bendera Singapura. Itulah sebabnya saat Jokowi bertandang ke Istana, kantor kepresidenan Singapura, bendera merah putih tidak dipasang. Demikian juga saat kepala pemerintahan Australia, Perdana Menteri (PM) Tony Abbott, berkunjung ke Istana pada akhir Juni lalu, tidak ada bendera Australia yang terpasang.

"Untuk pertemuan dengan presiden Singapura, mereka selalu menggunakan dua bendera, yaitu bendera negara dan bendera kepresidenan," jelas Menlu Retno dalam pernyataan yang diterima Okezone, Selasa (28/7/2015).

Namun, jika kepala pemerintahan negara lain bertemu dengan perdana menteri Singapura, yang berperan sebagai kepala pemerintahan juga, maka bendera negara tersebut akan dipasang. Maka dari itu, berdasarkan penelusuran Okezone, saat Presiden Susilo Bambang Yudhoyono bertemu dengan PM Singapura Lee Hsien Loong pada 22 April 2013, terlihat bendera Indonesia terpasang di belakang PM Lee. Demikian juga saat mantan wakil presiden Amerika Serikat (AS) Joe Biden menemui PM Lee pada 26 Juli 2013, bendera AS terpasang di balik punggung PM Lee.

"Mereka tidak menggunakan bendera negara tamu untuk semua pertemuan dengan presiden Singapura. Sementara pertemuan dengan perdana menteri tidak menggunakan bendera sama sekali," pungkasnya.
BACA JUGA NE GAN ARTIKEL KEREN DIBAWAH INI :




susan merah -
SERIAWAN Updated at : 06.05.00

{ 0 komentar... or add one}


Posting Komentar