ADVERTISER

Inilah Pidato Ali bin Abi Thalib Saat Khalifah Abu Bakar Wafat,,Bikin Merinding gan

Diposting oleh Susan Merah

Share on :

Sebelum saya melanjutkan artikel ini ada baiknya kita mengenal dulu sahabat Nabi dan juga sebagai Khalifah yang Ke empat yaitu Ali bin abi Thalib ,,Hadist Nabi SAW

أنت مني بمنزلة هارون من موسى إلا أنه لا نبي بعدي
“Kedudukanmu di sisiku seperti kedudukan Harun di sisi Musa. Hanya tidak ada nabi setelahku” (HR. Muslim no. 4418).


Abu Bakar dan Ali bin Abi Thalib adalah salah seorang dari sahabat Nabi yang dikenal mulia akhlaknya. Mereka sangat setia kepada Rasulullah dan yang paling dekat dengan beliau.Hubungan mereka pun sangat baik dan erat, baik sebelum dan sepeninggal Rasulullah. Seperti yang dilansirkan dalam blog MAKINTAU Dalam sebuah kitab yang berisi kumpulan pidato Ali bin Abi Thalib bernama kitab Nahjul Balaghah, dikatakan bahwa Ali sangat mengagumi dan memuji Abu Bakar dan Umar sebagai khalifah.

Pidato Ali bin Abi Thalib Saat Khalifah Abu Bakar Wafat

Dr. 'Aidh Al-Qarni dan Dr. Muhammad Al-Hasyimi Al-Hamdi mengutip pidato Ali bin Abi Talib Radhiallahu Anhu di saat meninggalnya Khalifah Abu Bakar,

"Allah merahmatimu wahai Abu Bakar. Engkau adalah orang pertama yang memeluk Islam. Orang yang paling ikhlas dalam beriman. Orang yang paling kuat keyakinan. Orang berada yang paling mulia dan orang yang paling melindungi Rasul Allah. Orang yang dekat dengan Rasul Allah akhlaknya, kemuliaannya, petunjuknya dan karakternya. Semoga Allah memberimu pahala kebaikan atas Islam, Rasul Allah dan kaum muslimin. Engkau membenarkan Rasul Allah saat orang-orang mengingkari. Engkau mendarmakan hartamu saat orang-orang lain kikir. Engkau berdiri bersamanya saat orang-orang lain diam. Allah menamakanmu Shiddiqan (yaitu yang datang dgn membawa kebenaran dan dia membenarkan. Mereka adalah orang-orang yang muttaqun).

Orang-orang menginginkan Muhammad dan Muhammad menginginkanmu. Demi Allah engkau adalah benteng Islam dan siksaan bagi kaum kafirin. Hujjah-mu tidak menurun dan nalarmu tidak melemah. Dirimu tidak pernah takut. Engkau bagaikan gunung yang tidak goyah oleh hembusan badai. Engkau seperti halnya sabda Rasul : “Badanmu lemah namun kukuh dalam perintah Allah. Engkau adalah orang yang rendah hati namun mulia dihadapan Allah. Mulia di muka bumi dan besar di hadapan kaum muslimin. Tidak seorangpun di hadapanmu berambisi dan tidak seorangpun meremehkan. Orang yang kuat di hadapanmu lemah sampai engkau mengembalikan hak orang lain dari padanya. Orang yang lemah di hadapanmu kuat sampai engkau mengembalikan haknya. Semoga Allah tidak menjauhkan pahalamu atas kami dan tidak pula Allah menyesatkan kami setelah kepergianmu."


Semoga Allah meridhoi Amirul Mukminin, Ali bin Abi Thalib r.a. dan Amirul Mukminin, Abu Bakar Shiddiq r.a. (Dikutip dari buku 'Mawaddah Ahlu Al-Bait ‘inda Ahli Al-Sunnah’ oleh Dr. ‘Aidh Al-Qarni dan Dr. Muhammad Al-Hasyimi Al-Hamdi).

Baca juga ne gan artikel keren dibawah ini :


susan merah -
SERIAWAN Updated at : 11.53.00

{ 0 komentar... or add one}


Posting Komentar