ADVERTISER

MIRIS! Perguruan Tinggi Di Indonesia Kalah Jauh dengan Singapura dan Malaysia, Ini Faktanya

Diposting oleh Unknown

Share on :




Seriawan: Kemajuan suatu Negara salah satunya faktor pendukungnya adalah pendidikan. Semakin tinggi tingkat pendidikan penduduk sebuah negara maka semakin majulah negara tersebut. Salah satu faktor kemajuan pendidikan suatu bangsa adalah pada lembaga pendidikannya. Salah satunya adalah perguruan tinggi. Dari sebuah perguruan tinggilah dicetak sarjana-sarjana yang diharapkan kompeten dalam bidangnya masing-masing. Oleh karena itu suatu perguruan tinggi haruslah berkualitas tinggi. Namun baru-baru ini ada sebuah survei terhadap perguruan tinggi dunia yang menyatakan bahwa perguruan tinggi di Indonesia tidak berada diperingkat tinggi didunia. Penasaran seperti apa? Ini dia penjelasannya yang dikutip dari Dream.


Seriawan: Lembaga konsultan pendidikan asal Inggris, Quacquarelli Symonds (QS), mengeluarkan peringkat perguruan tinggi terbaik tahun 2015. Berdasar data terbaru itu, perguruan tinggi dari Jepang, Hongkong, dan China, mendominasi daftar 100 besar.


Seriawan: National University of Singapure (NUS) nangkring di peringkat teratas. Poinnya sempurna, 100. Tempat ke dua ditempati oleh The University of Hong Kong dengan nilai 99,3. Disusul kemudian oleh Korea Advanced Institute of Science & Technologi pada peringkat ke tiga dengan skor 99.

Seriawan: Di peringkat ke empat, ada Nanyang Technological University (NTU), Singapura. Posisi ke lima diduduki The Hong Kong University of Science and Technology, dan disusul oleh The Chinese University of Hong Kong, pada posisi ke enam.

Seriawan: Sementara, Peking University dari China, Seoul National University Korsel, City University Hong Kong, dan Pohang University of Science And Technology Korsel, berturut-turut menempati posisi tujuh, delapan, sembilan, dan ke sepuluh.

Seriawan: Khusus untuk wilayah Asia Tenggara, perguruan tinggi asal Malaysia berjaya. Lima universitas Negeri Jiran itu berderet dalam daftar 100 besar itu. Pertama Universiti Malaya yang berada di peringkat 29, kemudian Universiti Sains Malaysia di urutan 49. Universiti Kebangsaan Malaysia menempati posisi 56, Universiti Teknologi Malaysia berada di urutan 61, serta Universiti Putra Malaysia pada peringkat 66.

Seriawan: Sementara, tiga perguruan tinggi asal Thailand juga terlihat dalam peringkat 100 teratas itu. Masing-masing Mahidol University yang berada di peringkat 44, Chulalongkorn University di posisi 53, dan Chiang Mai University pada urutan 99. Singapura ada dua perguruan tinggi, National University of Singapure (NUS), yang menjadi jawara di Asia, dan Nanyang Technological University (NTU), membuntut di posisi empat.


Seriawan: Bagaimana perguruan tinggi-perguruan tinggi asal Indonesia? Hanya ada satu perguruan tinggi di Tanah Air yang masuk dalam daftar 100 besar. Yaitu Universitas Indonesia (UI) yang berada di posisi 79 dengan skor 57,5. Sedangkan, Institut Teknologi Bandung (ITB) berada di peringkat 122 dengan skor 46,6. Universitas Gadjah Mada urutan 137 dengan nilai 44,8. Universitas Airlangga Surabaya pada posisi 147 dengan skor 43,2.

Seriawan: Penilian kampus-kampus ini didasarkan pada sejumlah indikator. Antara lain reputasi akademik, reputasi pegawai, rasio mahasiswa, jumlah paper penelitian yang dikutip, jumlah paper penelitian yang diterbitkan perfakultas, proporsi fakultas internasional dan proporsi mahasiswa internasional, serta proporsi pertukaran mahasiswa. (Sumber: QS Topuniversities, Rabu 10 Juni 2015)

Seriawan: Universitas di Amerika Serikat (AS) dan Inggris mendominasi daftar perguruan tinggi terbaik di dunia. Dalam laporan terbaru QS World University Rangkings, terdapat juga delapan universitas dari Indonesia.

Seriawan: Mengutip laman topuniversities.com, Rabu, 17 September 2014, pemeringkatan kali ini dilakukan dengan menggunakan enam indikator. Faktor reputasi akademis masih menjadi indikator terpenting dalam penilaian ini. Indikator lainnya diantaranya reputasi para akademisi, rasio fakultas/mahasiswa, serta rasio pengajar dan mahasiswa internasional.

Seriawan: Dari hasil pemeringkatan itu, QS World University menemukan daftar pemuncak universitas terbaik di dunia dalam satu dekade terakhir tak mengalami perubahan berarti. "Hanya sedikit perubahan posisi yang terjadi setiap tahunnya," tulis laporan itu.  Meski diakui, perbedaan diantara peringkat teratas universitas terbaik ini relatif kecil. Hal ini tak terlepas dari perbaikan yang dilakukan setiap universitas.


Seriawan: Berada di peringkat pertama adalah Massachusetts Institute of Technology (MIT) dari AS atau tak bergeser dari posisi setahun sebelumnya. Peringkat kedua dihuni oleh University of Cambridge (Inggris), Imperial College London (Inggris), Harvard University (AS), dan University of Oxford (Inggris).

Seriawan: Dari Indonesia, QS World Universities juga mencatat sedikitnya ada delapan universitas terbaik. Untuk kawasan Asia sendiri, National Universities of Singapore masih menjadi yang terbaik dan menempati posisi ke-22 dunia.

Berikut adalah delapan universitas terbaik Indonesia versi QS World University Rangkings:

1. Universitas Indonesia

Posisi dunia: 310
Skor: 40,9

2. Institut Teknologi Bandung

Posisi dunia: 461-470

3. Universitas Gadjah Mada

Posisi dunia: di atas 701

4. Universitas Airlangga

Posisi dunia: di atas 701

5. Institut Pertanian Bogor

Posisi dunia: di atas 701

6. Universitas Diponegoro

Posisi dunia: di atas 701

7. Institut Teknologi Sepuluh November

Posisi dunia: di atas 701

8. Universitas Brawijaya

Posisi dunia: di atas 701

Semoga kedepannya perguruan tinggi di Indonesia semakin maju dan lebih baik ya gan.

BACA JUGA ARTIKEL MENARIK LAINNYA DIBAWAH INI:
  1. Inilah Foto-foto RA,Bersama Para Wanita Cantik Yang Beredar Luas
  2. Inilah Hewan Paling Beracun dan berbahaya di Dunia
  3. Inilah Hewan Purba Yang Masih Hidup di Indonesia
  4. Inilah Hewan-Hewan Bisa Memprediksi Cuaca
  5. Inilah Jam Tangan seharga Rp 26 Miliar
  6. Inilah Kebiasaan orang Indonesia sehabis makan


susan merah -
SERIAWAN Updated at : 01.04.00

{ 0 komentar... or add one}


Posting Komentar