Advertisement

Bolehkah Tidur Dalam Keadaan Junub Setelah Berhubungan? Ini Jawabnya

Diposting oleh Susan Merah

Share on :




Begini pertanyaannya 

Assalamu ‘alaikum, Ustadz. Jika kita dalam kedaan junub, bolehkah melakukan aktivitas? Disunnahkankah jika akan melakukan aktivitas dalam keadaan junub (untuk) berwudhu terlebih dahulu? Jazakumullah khairan katsir.

pertanyaannya dari : Eva (eva_d**@****.com)

Jawabannya:

Wa’alaikumussalam warahmatullah wabarakatuh. Bismillah.

Dibolehkan bagi orang yang junub untuk melakukan aktivitas, namun sebelum beraktivitas hendaknya dia berwudhu terlebih dahulu. Berdasarkan riwayat dari Aisyah, beliau mengatakan

أَنَّ النَّبِيَّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ كَانَ إِذَا أَرَادَ أَنْ يَأْكُلَ أَوْ يَنَامَ، تَوَضَّأَ» تَعْنِي وَهُوَ جُنُبٌ

“Bahwa Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam, apabila hendak makan atau tidur, beliau berwudhu terlebih dahulu. Maksud A’isyah adalah ketika dalam keadaan junub.” 
(HR. Abu Daud, dinilai sahih oleh Al-Albani)

Dalam riwayat yang lain terdapat tambahan:

وَإِذَا أَرَادَ أَنْ يَأْكُلَ وَهُوَ جُنُبٌ غَسَلَ يَدَيْهِ

Jika beliau hendak makan, sementara beliau dalam kondisi junub, beliau mencuci tangannya. (HR. Abu Daud, dan dinyatakan shahih oleh Al-Albani)

Allahu a’lam.

Dijawab oleh Ustadz Ammi Nur Baits, (Dewan Pembina Konsultasi Syariah).seperti yang sudah saya kutipkan dalam situs KONSULTASI SYARIAH Semoga dengan artikel ini bermanfaat buat kamu...dan jangan lupa baca juga artikel dibawah ini :




susan merah -
SERIAWAN Updated at : 01.05.00

{ 0 komentar... or add one}


Posting Komentar