ADVERTISER

HADEUH,,Seperti Inikah Tampilan Website RevolusiMental.go.id Seharga Rp 140 M?

Diposting oleh Susan Merah

Share on :

Jujur aja gan,, Mereka pikir kita masyarakat Indonesia ga ngerti atau ga paham hal seperti ini,,Jujur aja, saya sebagai admin yang masih pakai domain gratis aja,,merasa miris,,apalagi master-master website Indonesia,,sudah pasti ada yang ketawa sendiri ,ada yang tepuk jidat,, dan adapula yang tentang meja,, karna ketidakwajaran dari harga tersebut,, cuman yang kaya yang punya hosting dong,ternyata yang punay hosting itu adalah IDWEBHOST,, mungkin PARA pengguna hosting dan domain dari IDWEBHOST sudah tidak aneh lagi mendengarnya,,Karna website www.revolusimental.go.id menggunakan Hosting tersebut bisa di cek nanti gambar dibawah ini,,yang menjadi pembicaraan panas masyarakat, khususnya netizen. Baru saja diluncurkan oleh Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (PMK), Puan Maharani, website ini segera tidak bisa diakses.


Awalnya muncul dugaan kalau servernya overload karena “antusiasme” warga yang ingin mengaksesnya. Namun “antusias” seperti apa? Rupanya beredar kabar untuk membangun website tersebut dibutuhkan dana dari APBN Rp 140 miliar.Saya ulangi lagi untuk sebuah website saja Rp 140 miliar Pantaskah? Sebuah angka yang sangat fantastis untuk sebuah website sederhana.

Seperti yang dilansirkan dalam situsnya KAPANLAGI Seorang pakar ICT sekaligus pengamat ICT dari Indonesia ICT Institute, Heru Sutadi mengatakan angka ini sebenarnya sangat wajar, kalau membangun sebuah website kompleks seperti interner banking, karena memang dibutuhkan banyak sekali pengamanan disana.Tetapi, kalau nilai Rp 140 Miliar sekadar buat membangun website sederhana, maka sudah keterlaluan.



Terlebih lagi web ini awalnya hanya menggunakan hosting yang cukup murah, bukan menggunakan dedicated server namun menggunakan shared server. Shared sever bisa dikatakan satu server digunakan bersama sama dengan hosting yang lain, berbeda dengan dedicated yang hanya dipakai sendiri.


“Makanya, perlu diselidiki, infrastrukturnya seperti apa? Kalau memang besar, luas, dan kompleks serta macam-macam seperti internet banking, iya itu bisa triliunan. Tapi kalau sederhana ya terlalu mahal. Kuncinya perlu diinvestigasi, beli barang dan jasa apa saja, harga satuannya bagaimana dan pemenang lelangnya siapa,”

Ketua Umum Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia (APJII), Jamalul Izza, ikut berkomentar, desain website yang sederhana itu mustahil kalau menelan anggaran hingga Rp. 140 Miliar




“Kalau untuk desain website ya, rasanya enggak sampai segitu. Tapi, mungkin saja itu mulai dari infrastrukturnya ya seperti perangkatnya, collocation website-nya, termasuk maintenance-nya. Intinya, lebih ke arah infrastrukturnya, bisa jadi harga segitu,”




Namun web seharga Rp. 140 Milliar ini langsung down setelah satu hari peluncurannya, ada dugaan awal kalau web ini mengalami overload. Tapi belakangan diketahui kalau web ini di serang oleh hacker. Dan sebenarnya identitas hacker ini sendiri sudah diketahui, namun hingga sekarang belum ada tindak lanjut dari pihak pengelola web ini.


Dugaan awal, web ini diserang karena tingginya tingkat kekecewaan terhadap pemerintah yang menganggarkan angka terlalu tinggi untuk web semacam ini.
Beberapa dari netizen juga menambahkan bahwa desain tersebut juga mirip dengan tampilan website sama dengan yang diluncurkan oleh Presiden Amerika Serikat saat ini. Wah, kalau menurut kalian bagaimana ya? Apa benar dana 140an miliar untuk setahun itu terlalu besar dengan hasil proyek website seperti ini?


Namun..


Kementerian Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Kemenko PMK) memberikan pernyataan terkait peluncuran website revolusi mental yang mendapatkan tanggapan miring dari masyarakat melalui berbagai media di halaman websitenya.
“Tanggapan Masyarakat yang mengaitkan dengan penggunaan anggaran APBN Revolusi Mental yang seakan-akan “dana 140 M untuk membuat web.RM” sesungguhnya itu tidak benar,”


Kementerian Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Kemenko PMK) memberikan pernyataan kalau dana ini digunakan untuk berbagai program Revolusi Mental yang dicanangkan oleh Presiden Jokowi. Kemenko PMK menutup pernyataannya dengan sebuah ucapan terima kasih

“Kami tetap menghargai dan berterima kasih atas semua itu, bahkan kami juga mengajak agar Masyarakat terus ikut mengawasinya. Komitmen Kemenko PMK adalah melaksanakan amanah dengan penuh integritas, kerja keras dan bergotong royong,”

Sebenarnya cukup memprihatinkan kalau memang benar web ini menelan biaya hingga Rp. 140 M, dan seharusnya dana itu bisa untuk pembangunan daerah terpencil sebuah langkah yang lebih tepat. Bagaimana menurut anda?

Baca juga ne gan artikel unik dan aneh dibawah ini :



susan merah -
SERIAWAN Updated at : 00.04.00

{ 1 komentar... or add one}


Ejurnalism. com mengatakan...

"Hi!..
Greetings everyone, my name Angel of Jakarta. during my
visiting this website, I found a lot of useful articles, which indeed I was looking earlier. Thanks admin, and everything."
Ejurnalism

Posting Komentar