ADVERTISER

Inilah Dampak Positif Tingginya Dollar Terhadap Rupiah yang Tidak Banyak Terpikirkan Oleh Orang Indonesia

Diposting oleh Unknown

Share on :


SERIAWAN: Kita sama-sama tahu bahwa saat ini mata uang Indonesia yaitu rupiah sedang sangat anjlok terhadap nilai dollar yang hingga saat ini tembus pada angka Rp 14000 per 1 USD. Berbagai alasanpun diutarakan pemerintah terkait mengapa hal ini bisa terjadi dimana salah satu penyebabnya adalah karena memang pada saat ini perekonomian dunia sedang mengalami gejolak.

Hal ini tidak hanya berdampak pada negara Indonesia saja namun juga berdampak pada banyak negara di dunia. Bahkan negara eropa yang terkenal majupun juga ikut merasakan imbas dari krisi global ini.

Akibat dari melonjaknya nilai tukar rupiah ini tentu sangat berdampak bagi perekonomian suatu negara termasuk Indonesia, dimana dihawatirkan akan terjadi PHK masal di perusahaan-perusahaan dan industri di Indonesia yang menyebabkan pengangguran dimana-dimana yang tentunya berdampak juga pada meningkatnya angka kejahatan yang dilakukan masyarakat. Selain itu juga nilai rupiah yang anjlok juga akan berdampak pada meningkatnya harga-harga barang-barang pokok pasar yang menjadi kebutuhan sehari-hari masyarakat Indonesia.

"Sudahlah kerjaan hilang, eh sekarang mau beli apa-apa mahal pula"... begitu konon keluhan kebanyakan masyarakat. Namun jika ditelaah lagi anjloknya nilai rupiah terhadap dollar ini tidak serta merta hanya memberikan dampak negatif bagi orang Indonesia lho, jika masyarakatnya cerdas mensiasati tentu krisis global ini tidak akan begitu berdampak buruk bagi perekonomian keluarganya.

Seperti dilansir dari BOOMBASTIS, Banyak orang mengatakan jika rupiah melemah artinya Indonesia tamat. Bisa jadi benar atau salah. Namun pada kenyataannya banyak sektor justru diuntungkan dari naiknya harga dolar di pasar valuta asing. Segala hal memiliki nilai positif dan negatifnya sendiri-sendiri. Mungkin dolar naik ibarat badai tornado bagi Indonesia. Tapi setiap badai berlalu pasti ada cahaya yang hangat, kan? Nih, 7 keuntungan Indonesia jika dolar terus melejit tak terkontrol lagi, monggo!

1. Para Pekerja Bergaji Dolar Kebanjiran Untung

Tak bisa dipungkiri lagi jika dunia internet memberikan dampak besar bagi seluruh orang di dunia. Termasuk kita yang berada di Indonesia. Belakangan ini sebuah peluang bisnis baru banyak bermunculan di internet. Salah satu yang kian tenar adalah internet marketer. Pelaku di bidang ini lebih banyak menggunakan dolar untuk segala transaksinya. Saat dolar naik tentu mereka kebagian untung meski mungkin dampaknya hanya sementara.

Mereka mungkin mendapatkan untung 200 dolar sebulan. Jumlah ini hanya menjadi 2,6 juta sekian pada bulan lalu. Namun hari ini jumlah itu akan menjadi 2,8 juta rupiah. Selisih 200 ribu rupiah lumayan besar. Itu masih 200 dolar, lalu bagaimana dengan pebisnis yang mendapatkan untuk hingga puluhan ribu dolar? Selisih beberapa rupiah saja bisa membuat mereka untuk yang cukup besar. Meski demikian, tak semua orang Indonesia bisa melakukan bisnis di internet yang butuh ketekunan dan jam terbang ekstra untuk memahaminya.

2. Menumbuhkan Perilaku Hemat Pada Masyarakat

Kita semua sadar jika masyarakat Indonesia memiliki sifat konsumtif yang sangat tinggi. Sedikit-sedikit ingin membeli barang yang katanya lebih bagus, lebih hebat, dan lebih-lebih lainnya. Kita gampang sekali termakan iklan hingga akhirnya tabungan harus rela diusik ketenangannya. Saat dolar naik tak terbendung lagi seperti sekarang, dengan sangat terpaksa kita harus hemat dalam membeli barang-barang. Terutama yang berasal dari luar negeri.

Jika kita terus saja boros, kebutuhan selama sebulan tidak akan mencukupi, bahkan bisa jadi minus. Untuk itu, saat dolar sedang naik daun seperti sekarang, anggap saja kita sedang puasa. Menahan diri untuk tidak membeli ini itu. Tabung saja uangnya dan belanjakan satu atau dua bulan lagi saat nilai tukar rupiah terus menguat terhadap dolar. Hemat tidak akan membuat kita mati, kok. Apa lagi sampai jadi orang yang pelit dan terlalu perhitungan!

3. Menjadikan Kreativitas Indonesia Melejit Tanpa Batas
Salah satu faktor penguat dolar di pasar valuta asing adalah imbas dari  devaluasi mata uang China, yuan. Akibat devaluasi ini, nilai yuan jadi menurun di pasaran global. Produk-produk China pun mau tidak mau mengalami penurunan harga. Hal ini mengakibatkan tingkat invasi produk China ke negara-negara seluruh dunia meningkat, salah satunya di Indonesia. Benda-benda yang berasal dari China saat ini telah menguasai Indonesia. Sekarang bayangkan jika invasi itu meningkat hingga berkali-kali akibat ulah si dolar dan yuan.

Produk indonesia harus bisa bersaing dengan produk China yang melimpah. Kita semua dituntut untuk lebih kreatif lagi membuat suatu inovasi baru. Jika tidak, pasar lokal Indonesia akan kebanjiran produk China yang murah meriah dan jumlahnya sangat banyak. Momen berkuasanya dolar ini harusnya digunakan oleh pelaku kreatif untuk lebih mengasah kemampuannya. Dengan begitu, kita semua tak akan khawatir jika benda berlabel made in China itu menyesaki pasar indonesia.


4. Bijak Dalam Melakukan Kredit

Indonesia dikenal sebagai negara yang gemar sekali utang kepada lembaga asing atau mungkin negara lain yang telah maju. Utang ini “katanya” digunakan untuk menutupi kebutuhan negara yang kian meningkat. Mau tidak mau pemerintah harus utang meski sebelumnya dimaki-maki oleh rakyatnya. Momen kenaikan dolar yang super ini harusnya digunakan oleh pemimpin ini untuk bijak dalam melakukan utang kepada lembaga luar negeri. Karena semakin banyak utang, semakin besar pula tanggungan yang harus dilunasi.

Terlebih utang ini dalam bentuk dolar. Jika rupiah makin keok seperti ini, utang kita nilainya akan semakin fantastis. Bisa-bisa negara ini mengalami krisis moneter yang membuat seluruh warganya menderita. Pemerintah mau tidak mau, suka tidak suka harus mengurangi perilaku utang ke luar negeri. Dolar tak terbendung lagi saat ini, jika mau semuanya terkontrol harus belajar hemat.


5. Sektor Pariwisata Akan Mengalami Peningkatan

Sektor pariwisata ternyata juga mendapatkan imbas yang cukup besar dari naiknya nilai tukar dolar terhadap rupiah. Akan banyak sekali turis yang datang atau berbelanja di Indonesia karena “murahnya” biaya hidup di sini. Jika sebelumnya 100 dolar sama dengan 1,2 juta rupiah, saat ini 100 dolar menjadi 1,4 juta rupiah. Selisih yang cukup signifikan ini akan menguntungkan mereka yang menggunakan dolar untuk berwisata.

Meski demikian, efek untuk sektor pariwisata biasanya musiman. Dolar tak akan selamanya berada di puncak kemenangannya, bisa jadi beberapa bulan kemudian akan terjun. Itulah mengapa saat dolar naik, orang-orang dari sektor pariwisata akan gencar melakukan promosi. Semakin banyak turis yang datang artinya geliat pariwisata di Indonesia akan semakin bagus. Dampaknya, keuntungan besar bisa diterima Indonesia dari sektor yang mulai berkembang ini.

6. Barang Lokal Indonesia Bisa Berjaya di Negeri Sendiri

Imbas dari melemahnya rupiah terhadap dolar membuat barang dari luar negeri mengalami naik harga. Mulai dari benda elektronik, otomotif, pakaian, hingga makanan. Banyak orang akan berpikir dua kali untuk menebus benda ini dan dibawa pulang. Sementara itu, produk dalam negeri harganya masih akan stabil, walau ada kenaikan mungkin tidak signifikan. Momen langka ini seharusnya bisa digunakan oleh pelaku UMKM di Indonesia untuk mempromosikan produk mereka.

Orang Indonesia cenderung mencari barang yang lebih murah daripada barang mahal namun fungsinya sama. Promosi besar-besaran bisa dilakukan agar barang lokal Indonesia laku di negerinya sendiri. Selama ini kita lebih banyak menggunakan barang dari luar negeri yang sering kena pajak itu. Lalu saat pajak kian naik, dan harga kian mencekik, mau tidak mau kita harus beralih ke produk yang lebih murah. Salah satunya memilih produk lokal yang secara kualitas sama namun harga bersahabat.


7. Eksportir Akan Memperoleh Keuntungan yang Lumayan

Indonesia adalah negara yang memiliki hobi mengimpor banyak sekali barang kebutuhan dari luar negeri. Hal inilah yang membuat negara ini jadi kucing kebakaran ekornya saat dolar meroket menembus 14.000 rupiah. Kita terbiasa apa-apa dibayar dengan dolar, akibatnya saat nilai dolar naik kita pun jadi tekor. Banyak importir mengeluhkan rupiah yang tak memiliki daya untuk melawan. Mau tidak mau importir akan menaikkan harga barangnya jika ingin dapat untung. Namun apa yang mereka lakukan justru membunuh calon pembeli. Dampaknya, barang tidak laku dan mereka semakin merugi.

Berbeda dengan sektor ekspor. Para pelaku di bidang ini mungkin akan mendulang untung lebih banyak. Barang-barang yang mereka jual ke luar negeri mungkin harganya sama. (Dibayar menggunakan dolar) Namun selisih harga dolar terhadap rupiah tentu menjadi untung yang tak terbilang sedikit. Ambil contoh selisih dolar bulan ini dan bulan lalu 500 rupiah. Kecil sih, tapi jika dikalikan dengan total penjualan, bisa jadi untung yang lumayan. Meski demikian, pelaku ekspor tetap ingin rupiah menguat karena jika terus tertekan akan memberikan efek domino yang sangat besar bagi Indonesia.

Well, itulah tujuh keuntungan yang akan didapatkan Indonesia jika dolar kian naik tak bisa turun lagi. Meski demikian, kita semua berharap rupiah terus menguat. Banyak sektor yang akan ditekan jika dolar semakin terbang tinggi. Anyway, hari ini satu dolar berapa rupiah ya?

BACA JUGA YUK ARTIKEL KEREN LAINNYA DIBAWAH INI: 
  1. Dunia Foto Grafer Geger Dan Tidak Percaya Kalau Hasil Foto ini Di Bali
  2. EDAN! Anak Orang Kaya ini Bakar Mobil Ferrari Seharga Rp. 3,2 M Agar Diganti Yang Baru [FOTO]
  3. EDAN,,,Nenek Sadis Ini Mutilasi 13 Orang Gan, Ini Fotonya
  4. EDAN,,2 Polisi Ini Sampai Berlutut Agar Pelanggar Lalu Lintas Mabuk Berhenti Merengek - New !!
  5. EDAN,,Kalender Frozen ini Harganya Rp 10 Milyar gan,,Berminat mau membelinya?
  6. Edan gan,Kalau KAmu Ketemu Mahkluk Ini DIjamin Pasti Kabur,, Gede Banget KING COBRA nya
  7. Edan,,Inilah Ritual Paling Extreme hanya Ada di India,Ini Fotonya
  8. Extreme, Niatnya Sih Cewek Ini Besarin Bok0ngnya Biar Tambah Seksi, Eh Malah Meledak, Ne Orangnya
  9. FAKTA NYATA,Inilah SIksa Kubur Yang Terekam Foto
  10. FAKTA gan,,Di Palembang Tukang Kelontong Ini Naik Haji Setelah Menabung Selama 30 Tahun, Ini Orangn


susan merah -
SERIAWAN Updated at : 07.05.00

{ 0 komentar... or add one}


Posting Komentar