Advertisement

Ternyata Perekonomian Malaysia Diambang Kehancuran,Ini Buktinya

Diposting oleh Susan Merah

Share on :

Sebenarnya krisis ekonomi sedang melanda di seluruh dunia lagi heboh sekarang,, dan Gejolak ekonomi kini tengah dirasakan beberapa negara di dunia, termasuk Indonesia. Namun, meski terkena dampak pergolakan ekonomi, jika dibandingkan dengan Malaysia, Indonesia masih lebih baik.Saat ini pertumbuhan ekonomi Indonesia dikatakan semakin melambat. Pemerintah pun seringkali mengatakan bahwa melambatnya perekonomian Indonesia disebabkan nilai tukar Rupiah yang terus anjlok hingga menyentuh angka Rp 14.000 per USD.

"Cuma kita lebih bagus relatif ya, sekali lagi relatif ya. Cadangan devisa kami (Indonesia) masih di USD107 miliar, mereka sudah turun sampai USD87 miliar dari USD140 miliaran," kata Anton di Istana Negara, Jakarta

Tapi ternyata melambatnya pertumbuhan ekonomi tidak hanya dirasakan oleh Indonesia saja. Malaysia kini juga sedang tidak kondusif baik dari sisi ekonomi, politik maupun sosial. Nilai tukar ringgit Malaysia juga ikut anjlok cukup parah.

Namun, meskipun Indonesia mengalami krisis ekonomi yang cukup parah, tetap saja Indonesia tak lebih parah dari pada Malaysia. Kondisi Malaysia ternyata lebih parah dibandingkan Indonesia. Ada beberapa bukti jika perekonomian Malaysia lebih parah dari Indonesia.Seperti dilansir Merdeka.com, inilah dia ke lima bukti jika perekonomian Malaysia lebih parah.

Perusahaan otomotif Malaysia lakukan PHK massal



Perusahaan otomotif lokal Naza Automotive Manufacturing Sdn Bhd (NAM) telah memecat karyawannya sebanyak 255 orang sebagai langkah respon akibat anjloknya  penjualan hingga 40 persen.

“Kami terkejut karena penjualan kendaraan turun mendadak antara 30 hingga 40 persen akibat ketidakpastian ekonomi, pelemahan ringgit dan pelaksanaan pajak barang dan jasa (GST) pada 1 April lalu. Perusahaan-perusahaan lain juga menghadapi masalah serupa,” kata Kepala bagian komunikasi Naza Corporation Holdings Sdn Bhd (NCorp) Nor Azlina Ishak .

Singapura khawatir dengan Malaysia


Jatuhnya nilai tukar ringgit Malaysia membuat Singapura menjadi khawatir sebab Singapura menjadi investor terbesar di Iskandar Malaysia (koridor pembangunan di bagian selatan Johor). Jika Malaysia mengalami krisis ekonomi maka hal itu akan mempengaruhi Singapura.


Nilai tukar Ringgit Malaysia anjlok paling parah

Ringgit Malaysia dikatakan anjlok paling para dibandingkan yang lainnya. Ringgit Malaysia anjlok hingga 8,7 persen terhadap USD sepanjang Agustus ini. Sedangkan nilai tukar rupiah hanya turun sebanyak 3,7 persen terhadap USD dan merupakan terburuk dalam 11 bulan terakhir.Anjloknya nilai tukar ringgit Malaysia disebabkan skandal politik Malaysia yang membuat melemahnya kepercayaan investor. Tak hanya itu, harga komoditas juga telah menghantam Malaysia.


Perbanyak ekspor ke Singapura

Pemerintah Malaysia memanfaatkan kondisi ini dengan memperbanyak ekspor ke Singapura. Seperti, Menteri Pertanian dan Asas Tani Malaysia, Datuk Seri Ahmad Shabery Cheek yang menambah jumlah eksporerbasis pertanian dan buah-buahan ke Singapura ditargetkan mencapai RM 300 juta. Namun, hal ini akan menguntungkan Singapura, sebab mereka dapat menikmati buah-buahan dengan harga yang murah.

Malaysia dan Thailand punya cara lawan dolar Amerika

Untuk mengatasi masalah ini Malaysia dan Thailand memiliki cara tersendiri. Mereka sepakat untuk menggunakan lebih banyak mata uang mereka dalam perdagangan kedua negara.Gubernur Bank Negara Malaysia dan Bank of Thailand telah menandatangani nota kesepakatan mereka  untuk menggunakan Ringgit Malaysia dan Baht Thailand dalam sektor perdagangan.Nah, itulah dia ke lima  bukti jika perekonomian Malaysia lebih parah dibanding Indonesia.Dan janga lupa baca komentar dibawah ini dan baca juga dibawah ini :
  1. Begitu Mulianya Warga Palestina : Melindungi Polisi Israel Dari Serangan Yahudi Sendiri,Ini fotonya
  2. Bekas Presiden Istana Negara di Indonesia Ini Kini Hidupnya Miris dan Tinggal Di Terminal
  3. Benarkah Puan Maharani "Selamat" dari Reshuffle Kabinet Jokowi Karena Puan Anak Megawati?
  4. Berani LIHAT ? Inilah TUMOR paling ganas sepanjang sejarah
  5. Berikut Artis Indonesia Yang Rela Kawin sama Orang Kaya Supaya Tidak Melarat Hidupnya
  6. Berikut Daftar Band-Band Unik Seluruh Dunia,Indonesia Masuk gan
  7. Betapa Mirisnya Program Pertelevisian Di Indonesia
  8. Brutalnya Pol PP ini,, Membunuh dan Membantai Orang Sampai KOMA, Ini Fotonya
  9. Bupati Cantik Kutai Kartanegara Hobi Mengoleksi Tas Mewah,Ini Foto nya
  10. Busyet,orang ini ga pernah mandi selama 60 tahun gan, ini fotonya


susan merah -
SERIAWAN Updated at : 01.04.00

{ 0 komentar... or add one}


Posting Komentar